Minggu, 19 November 2017

Virtual Private Network (VPN)


Apa itu VPN ?
VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network yang akan mengizinkan anda untuk melakukan koneksi ke dalam sebuah jaringan secara aman melalui jaringan internet. VPN juga biasa digunakan untuk mengakses/membypass website atau content yang di blokir oleh sebuah negara. VPN juga berfungsi untuk melindungi aktifitas browsing anda dari ancaman pencurian data pada jaringan wifi dan jaringan kabel.

Prinsip kerja VPN sangat sederhana yaitu memforward semua lalu lintas data dalam jaringan anda. jadi dengan menggunakan VPN anda seperti menggunakan jaringan lokal milik sendiri. dengan demikian anda bisa membypass website-website yang di blokir oleh negara atau kantor anda.


VPN adalah sebuah jaringan virtual yang dapat dihubungkan ke komputer kita melalui internet. ketika anda menghubungkan perangkat anda seperti komputer dan laptop atau smartphone ke dalam jaringan VPN maka perangkat anda akan bertindak seolah-olah berada didalam satu jaringan yang sama dengan si VPN. semua traffic atau lalu lintas data anda dalam internet diberikan oleh si VPN yang memiliki koneksi yang aman dan bersih. karena komputer anda seolah-olah berada dalam satu jaringan yang sama dengan VPN maka komputer anda bisa memanfaatkan resource jaringan virtual tersebut meskipun anda sedang berada di belahan dunia yang lain. Komputer anda juga bisa mengakses internet seolah-olah berasal dari lokasi atau negara yang sama dengan VPN yang anda gunakan. dengan prinsip kerja ini maka anda bisa mengakses website-website yang diblokir oleh sebuah negara atau lokasi.

Ketika anda melakukan browsing menggunakan VPN, maka secara tidak langsung komputer anda melakukan kontak dengan website menggunakan koneksi VPN yang terenkripsi, sehingga data-data anda akan aman dan tidak akan disusupi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Ketika anda mengakses sebuah website maka VPN akan melakukan request terhadap website tersebut kemudian meneruskannya ke pada anda secara aman, jadi ibaratnya VPN dapat berfungsi sebagai kontrol yang menyaring koneksi kotor yang berbahaya sehingga anda dapat melakukan browsing internet dengan aman dan nyaman.

Fungsi VPN
VPN bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, diantaranya adalah :

Mengakses Internet untuk bisnis saat anda dalam perjalanan. kenapa anda membutuhkan VPN ? yup karena anda nggak akan pernah tahu apakah jaringan internet yang anda gunakan ditempat tersebut aman dari segala macam spyware. maka dari itu anda membutuhkan VPN agar transaksi online anda aman.

Mengakses Home Network saat dalam perjalanan. saat anda dalam perjalanan anda bisa tetap mengakses jaringan Home anda. anda juga bisa meremote komputer anda yang ada dirumah melalui VPN.

Menyembunyikan aktivitas browsing anda. dengan menggunakan VPN anda bisa menyembunyikan aktivitas browsing anda, sehingga data-data yang anda input saat browsing tidak akan bisa diendus oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Mengakses Website yang di blokir. dengan VPN anda bisa mengakses website-website yang diblokir menggunakan sistem geo blocked atau website yang di blokir berdasarkan wilayah atau kebijakan suatu negara. jadi jika anda melakukan perjalanan di china anda tetap bisa mengakses facebook via VPN. karena Facebook di china itu di blokir dan dilarang akses loh.

Membypass internet censorship. dengan VPN anda bisa mengakses situs-situs atau konten-konten yang di sensor.

Download files. banyak orang yang memanfaatkan VPN untuk mendownload files terutama menggunakan Torrent. menggunakan VPN untuk mendownload Torrent akan meningkatkan kecepatan download anda. apalagi jika konten torrent yang anda download adalah konten legal.

Cara Menggunakan VPN

Setelah mengetahui apa itu vpn, fungsi vpn lalu bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkan VPN? cara menggunakan VPN sangat gampang. anda tidak membutuhkan software tambahan, karena di windows sendiri sudah menyediakan tools untuk mengakses VPN anda. caranya pencet tombol Windows anda, lalu ketikan VPN pada menu search kemudian klik pilihan _Set up a virtual private network (VPN) connection_ lalu tekan ENTER.

Selanjuntya anda tinggal mengikuti wizzard yang ada pada kotak dialog setting VPN tersebut. selanjutnya anda bisa melakukan connect dan disconnect VPN dari sistem tray.
Namun jika tidak menggunakan windows anda bisa menggunakan software VPN gratis yang banyak tersebar diinternet. salah satu yang paling gampang dan simpel adalah Tunnelbear (link download ada di akhir artikel). dengan tools ini anda nggak perlu melakukan setting apapun, cukup tekan DIAL dan anda akan terhubung ke VPN gratis yang telah disediakan.
selain Tunnelbear juga ada ProXPN, program ini juga gratisan, dan anda bisa memanfaatkan VPN gratis ini secara unlimited, namun untuk kecepatannya hanya dibatasi di kisaran 300 Kbps saja
Nah sementara itu saja yang bisa saya share tentang apa itu VPN, fungsi VPN dan mengapa anda membutuhkan VPN. Mungkin dilain waktu akan dibahas secara lebih rinci dan lengkap.


Download TunnelBear

Download ProXPN

Sumber utama: eridesktop.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar