Rabu, 16 Oktober 2013

CPU Komputer Hidup Tapi Tidak Muncul Gambar Di Monitor

nah... saya baca-baca di beberapa web IT, topik ini lumayan menarik dan semoga bisa menjadi masukan dan ilmu buat kita semua, misalnya dalam hal trouble shooting komputer tentang Penyebab CPU Komputer Hidup Tapi Tidak Muncul Gambar Di Monitor, masalah ini sebenarnya banyak penyebabnya, dan saya akan menjelaskannya satu per satu, berikut pernjelasannya :
  1. VGA : bila anda memakai VGA card, coba anda periksa VGA card sudah menancap sempurna atau kendor, kalau kendor coba anda tekan hinggap menancap sempurna, untuk anda yang memakai VGA onboard coba anda tes dengan VGA card.
  2. Processor : sentuhlah processor atau heatsink fan, bila panas berarti fan-nya sudah lemah atau mungkin tidak kuat menahan panas processor, biasanya processor yang memiliki nm-nya 65nm keatas  sangat panas diperlukan fan yang lebih dingin lagi, dan processor yang menurut saya paling panas adalah Pentium D.
  3. MotherBoard : dan motherboard adalah yang paling banyak faktornya, salah satu yang paling mudah dideteksi adalah overheat akibat dipaksakan memakai processor yang panas, atau juga bisa Heatsink Fan processor yang kualitasnya buruk, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada chipset motherboard dan chipset vga onboard yang ada pada motherboard.
  4. RAM : RAM rusak bisa mengakibatkan beberapa hal, yaitu Bluescreen, atau malah bisa mengakibatkan tidak muncul gambar pada monitor.
  5. Debu : hampir semua kerusakan hardware komputer diakibatkan oleh debu atau kotoran yang menempel, oleh karena itu ada baiknya sebelum memfonis kerusakan komputer, bersihkan terlebih dahulu komputer.
  6. Setting BIOS : Kemungkinan yang terakhir adalah ada kesalahan pada setting BIOS mungkin contohnya ada masalah di setting frequency DRAM, yang kita harus lakukan adalah reset ke mode default BIOS, dengan cara merubah Jumper CMOS, Jumper CMOS ada 3 jarum dan dari 3 jarum itu ada 2 jarum yang disambung, pindahkan sambungan itu dari posisi awal ke posisi berbeda, misalnya jarum 1-2 yang disambung, rubah jadi 2-3. Atau bisa langsung copot baterai CMOS 10menit, setelah itu pasang kembali dan coba nyalakan komputer.
Intinya jangan terburu - buru menebak kerusakan komputer, bisa saja kabel kendor atau hal yang lain dianggap sepele atau tidak mungkin, menjadi penyebabnya.

Pemeriksaan Pengkabelan
1. Periksa kabel sambungan dari Listrik AC ke komputer anda, kemungkinan longgar atau tidak terpasang sama sekali.
2. Periksa kabel power monitor dan kabel video yang terhubung ke soket VGA komputer sudah terhubung dengan baik atau tidak.
3. Periksa pin dari kabel konektor VGA monitor, apakah ada pin yang bengkok atau tidak, Jika memang ada yang bengkok coba luruskan dan tancapkan lagi ke slot VGA Card CPU lalu hidupkan komputer anda.
4. Periksa sambungan kabel dari power supply ke mother board, mungkin longgar atau tidak terpasang.
Pemeriksaan Hardware
1. Bila sambungan kabel sudah tersambung dengan benar, tetapi komputer anda tetap tidak mau hidup maka berikutnya anda dapat melakukan pemeriksaan hardware di dalam CPU anda.
2. Periksa Monitor komputer, apakah lampu powernya menyala atau tidak, kalau lampu power monitor tidak menyala berarti monitor anda ada masalah atau rusak, anda harus menservisnya.
3. Periksa power supply anda, untuk mengeceknya hubungkan kabel warna hijau dengan kabel warna hitam, bila kipasnya hidup maka powernya masih bagus.
4. Periksa tegangan Power Supply, tegangan power supply ada dua yaitu 12 volt dan 5 volt, coba periksa kabel merah dengan kabel hitam dengan multi tester, bila ternyata tegangannya kurang dari 12 dan 5 volt berarti power supply harus di ganti.
Bila ternyata power supplynya masih bagus, bila komputer dihidupkan fan power supply dan fan pendingin Processor bekerja tapi komputer tidak mau hidup, matikan komputer anda, lepaskan fan processor, kemudian hidupkan kembali selama 1 menit, coba pegang processor, bila processor terasa hangat berarti processor masih bagus, tetapi bila processor tidak panas berarti processor anda telah jebol perlu diganti.
5. Bila processor anda masih bagus, tapi komputer tidak mau nyala, periksa Memory (RAM) anda, caranya bila anda memiliki dua komputer yang menggunakan memory yang sejenis coba pasang ke komputer tersebut, bila komputer tersebut tidak hidup setelah menggunakan memory tersebut, berarti memory tersebut rusak, anda harus mengganti memory
6. Bila ternyata memorynya masih bagus tapi komputer tersebut tidak mau nyala, periksa VGA Card anda (Bila menggunakan VGA Card), coba test vga Card anda ke komputer lain, bila komputer tersebut tidak mau nyala, maka anda harus mengganti vga card anda karena vga card tersebut rusak.
7. Bila VGA Cardnya masih bagus tapi komputer anda tidak mau hidup, coba lakukan Clear Bios, dengan cara menjamper pin dari posisi Normal ke posisi Clear, setelah anda jumper ke posisi Clear, hidupkan komputer anda selama beberapa detik, kemudian matikan komputer anda dan cabut kabel power listrik dari CPU, kembalikan posisi jumper ke posisi Normal, sambung kembali kabel power ke CPU anda dan hidupkan komputer anda.
8. Bila setelah melakukan Clear CMOS ternyata komputer anda tidak juga mau hidup, mungkin salah satu komponen komputer anda seperti: CD Room, Hardisk mengalami kerusakan atau korslet di bagian mekanik atau elektriknya. Coba cabut hubungan dengan komponen tersebut. Setelah anda mencabut komponen yang terhubung di komputer tersebut kemudian anda hidupkan komputer dan komputer anda mau hidup berarti ada salah satu dari komponen tersebut rusak.
Matikan komputer anda dan coba sambungkan ke komponen komputer satu persatu sampai anda mendapatkan komponen mana yang rusak tersebut. Dan bila ketemu komponen yang rusak tersebut, segera ganti komponen anda atau bawa ke tempat service.
9. Bila ternyata semua komponen komputer dalam kondisi bagus tetapi komputer anda tetap tidak mau hidup berarti chipset komputer anda atau Motherboard anda rusak, Silahkan ganti motherboard anda atau bawa ke tempat service distributor Motherboardnya.
Pemeriksaan Driver
1. Periksa Driver Instalasi komponen komputer, terutama Driver VGA Card, bila Driver anda tidak cocok dengan system VGA-nya maka akan terjadi conflik sehingga komputer anda tidak mau bekerja atau Hang.
2. Bila anda mengupdate Bios, tapi bios yang anda update tidak cocok dengan system motherboard maka komputer anda tidak akan hidup, anda harus mengganti update bios tersebut ke posisi standardnya. Hati-hati dalam mengupdate bios, kalau ternyata bios tidak cocok maka komputer tidak akan dapat membaca komponen komputer anda termasuk hardisk dan usb, sehingga anda harus mengganti chipset bios itupun bila ada yang jual, kalau tidak maka solusi terakhir, anda harus "BB" alias Beli Baru;
sumber : http://tiringofjourney.blogspot.com  & http://aswela.blogspot.com

30 komentar:

  1. Balasan
    1. Lucky Computer Solution

      Kami melayani jasa service komputer panggilan
      langsung pengerjaan di tempat anda (rumah, kantor, toko, warnet,dll ),
      pengerjaan hingga selesai di tempat anda

      Paket yang kami tawarkan biayanya hanya 150rb sebagai berikut :

      #All Service perform PC srperti baru kembali
      - Service kerusakan
      - Pembersihan Hardware dan Casing
      - Penggantian Pasta Procesor dan VGA
      - Instalasi Windows dan Driver
      - Program kerja, media dan aplikasilainnya
      - Game
      - Bergaransi

      Kami juga melayani jasa rakit, jual beli komputer bekas dari mulai yg murah hingga midle up

      Anda bisa hubungi kami ke 081220769974 ( bisa di hubungi via WatsApp )
      ID Line : museinvin

      atau langsung datang ke toko kami

      Di JL BKR sebrang Toko Alifa, ada jalan masuk satu2nya tepatnya JL Terusan Srimahi 1 No 27
      lurus saja 100 meter mentok kalo dari jalan raya,
      atau bisa d akses melalui google maps dengan pencarian Lucky Computer Solution
      google akan segera mengarahkan anda ke lokasi kami
      terimakasih #sahabatcerdas

      Hapus
  2. min pc ane kalau lagi panas gk mau idop tapi kalau lagi dingin mau idop itu kenapa tu min solusi dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwkwwkwkwkwwkwkwkwwkwkwkwk
      CERDAS SOLUSI NYA

      Hapus
    2. prosesor atau vga itu krpanasan gan..
      solusi ganti pasta yg ada di hetsink

      Hapus
    3. Ya jelas orang manusia aja kepanasan banget rasanya pingin mokad apalagi cpu, kalo manusia hawa dingin pikiran enteng, langsung semangat kerja one hundred percent, sama dengan cpu kalau dingin ya mau gerak, itu namanya komputer pemalas :D

      Hapus
  3. itu dikarenakan overhait, di sebabkan komputer nya kotor, sebaiknya anda membeshkan bagian hadware komputer sampai bersih dari kotoran debu, dll.
    semog bermanfaat ! :)

    BalasHapus
  4. gan gman klw dengan komputer duduk yang ga mw tampil ke monitor
    bahkan tulisan pun ga da sama sekali
    tolong solusinya brow

    BalasHapus
  5. ga bs masuk bios penyebabnya apa gan tlg solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa masuk bios ada kemungkinan corrupt di registri sistem nya,bisa dikarenakan virus atau cara mematikan komputer yang kurang baik,, biasanya bisa dilakukan dengan memperbaiki OS melalui repair OS pakai driver asli nya, atau menggunakan aplikasi yang bisa memperbaiki registri (windows series)seperti hirenboot dll (minta sama google biasanya dikasi cuma-cuma).. atau sederhananya mungkin hanya boot prioritasnya nggak ke HDD atau bisa juga HDD nggak terdeteksi karena adanya kabel yg tercabut atau longgar..

      Hapus
    2. WKWKWKWKWWKWKWKWKWKWKWWKWK BIOS SAYA RASA TIPIS DEH,,KALO HUB WINDOWS,,,,
      CABUT HARDISK NYALAKAN MASUK BIOS GAK BISA JUGA GANTI KEYBOARD,,, GAK BISA JUGA,,BANTING TU CPU

      Hapus

  6. G usah berat2, repot2, bawa komputer anda ke tempat service komputer,
    udh gitu biayanya mahal, belum kalo pengerjaanya lama harus d tinggal,
    gmn kalo d tuker2 ??
    Nah skarang kalian g usah bingung2 tgl tlpn atau bbm aja,
    Lucky Computer Solution siap hadir ke tempat anda !!
    Biaya cuman 100rb service ( pembersihan komputer, ganti pasta procesor ) +
    Instal ulang ( windows + Driver + Full applikasi kerja )
    kantor, rumah, warnet siap !!
    ( Husus Bandung Area ) diluar bandung d kenakan biaya bensin

    Lucky
    PIN 25CB7BAF
    HP 081220769974

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. min , PC di lab ane di update jadi windows 10 , stelah itu malah jadi ga tampil di monitor(yg udah di update aja) , kalo yg masih windows 8 ga kenapa2 . ane udah cek semua hardware , udah ganti , udah bersihin tapi teteh aja kaya gitu .. minta solusinya min

    BalasHapus
  9. kalau monitor sleep mode itu gimana?

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. Kalo mau order sekali aj bodok

      Hapus
  11. Lucky Computer Solution

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    langsung pengerjaan di tempat anda (rumah, kantor, toko, warnet,dll ),
    pengerjaan hingga selesai di tempat anda

    Paket yang kami tawarkan biayanya hanya 150rb sebagai berikut :

    #All Service perform PC srperti baru kembali
    - Service kerusakan
    - Pembersihan Hardware dan Casing
    - Penggantian Pasta Procesor dan VGA
    - Instalasi Windows dan Driver
    - Program kerja, media dan aplikasilainnya
    - Game
    - Bergaransi

    Kami juga melayani jasa rakit, jual beli komputer bekas dari mulai yg murah hingga midle up

    Anda bisa hubungi kami ke 081220769974 ( bisa di hubungi via WatsApp )
    ID Line : museinvin

    atau langsung datang ke toko kami

    Di JL BKR sebrang Toko Alifa, ada jalan masuk satu2nya tepatnya JL Terusan Srimahi 1 No 27
    lurus saja 100 meter mentok kalo dari jalan raya,
    atau bisa d akses melalui google maps dengan pencarian Lucky Computer Solution
    google akan segera mengarahkan anda ke lokasi kami
    terimakasih #sahabatcerdas

    BalasHapus
  12. hoyyy ini gmna ksih tau lhhhhhhh

    BalasHapus
  13. dicoba ah, makasih gan admin! :-)
    http://catatan-umardi.blogspot.co.id/2013/10/cpu-komputer-hidup-tapi-tidak-muncul.html

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Lucky Computer Solution
    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer dengan tim professional dan terpercaya. Kami melayani service panggilan dengan pengerjaan langsung ditempat hingga permasalahan anda teratasi.
    Area Service yang kami tangani yaitu Cimahi dan Bandung.
    Konsultasikan permasalahan komputer anda kepada kami, seluruh biaya service panggilan adalah 150rb ( diluar penggantian sparepart ) sudah termasuk biaya transportasi .
    No HP/WA : 081220769974
    LINE : museinvin



    komputer hang | virus | komputer nyala tetapi gambar tidak muncul monitor | komputer laptop sering panas | solusi komputer rusak | komputer bermasalah | tidak masuk ke windows | muncul windows genuin | instal ulang windows | setting bios error | service komputer panggilan cimahi bandung | service komputer bisa di panggil ke rumah | komputer tiba tiba mati sendiri | komputer restart sendiri .

    BalasHapus
  17. cpu hidup tapi di monitor no signal conection,sudah coba membersih kan ram dan perangkat lain,,,,,mau ganti ram ragu apakah ram yg rusak atau vga nya yg rusak....solusi dong

    BalasHapus